Minggu, 11 Desember 2016

Fungsi Tools di Blender



  Blender adalah software animasi yang digunakan dalam project animasi ini adalah blender versi 2.78. Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.” (Wikipedia.com).




Bagian-bagian dalam aplikasi Blender

Keterangan :

1. Main Header      : Menu utama blender yang terdiri dari file, add, render dan help.
2. Toolbar                : Berisi dari daftar tool yang bersifat dinamis berubah mengikuti konteks obyek.
3. Viewport              : Tampilan dari obyek 3D atau obyek lainnya.
4. Outliner               : Struktur data objek blender.
5. Properties           : Panel yang berisi intruksi untuk memodifikasi obyek atau animasi.
6. Timeline              : Frame animasi dan instruksi terkait.


PERINTAH DASAR
·         TAB key – Berfungsi untuk mengubah antara “edit mode” dan “object select mode”.
·         “O” key –Berfungsi untuk mengaktifkan “proportional vertex editing” pada “edit mode”.
·         “A” key – Berfungsi untuk memilih semua vertices yang terdapat pada sebuah obyek.
·         “B” key – Berfungsi untuk memilih banyak obyek dengan menggunakan windows drag.
·         Space bar – Berfungsi untuk menampilkan menu tool.
·         Number pad – Berfungsi untuk mengontrol view. “7” untuk “top”, “1” untuk “front”, “3” untuk “side”, “0” untuk “camera”, “5” untuk “perspective”, “.” Untuk memperbesar obyek yang telah dipilih, “+” dan “-“ untuk memperbesar atau memperkecil.
·         Mouse – Klik kiri berfungsi untuk mengubah, Klik kanan berfungsi untuk memilih, Klik tengah atau scroll berfungsi untuk memperbesar dan merotasi view.
·         Shift key – Berfungsi untuk memilih obyek lebih dari satu dengan cara menahan tombol Shift dan Klik kanan.
·         Arrow key – Berfungsi untuk pembuatan frame dalam sebuah animasi.
·         “R” key – Berfungsi untuk merotasi sebuah obyek atau vertices.
·         “S” key – Berfungsi untuk mengatur skala sebuah obyek atau vertices.
·         “G” key – Berfungsi untuk memindahkan sebuah obyek atau vertices.
·         “P” key – Berfungsi untuk memisahkan vertices yang dipilih menjadi sebuah obyek didalam “edit mode”.
·         Shift + “D” – Berfungsi untuk menduplikat sebuah obyek atau vertices.
·         “E” key – Berfungsi untuk meng-extrude vertices yang telah dipilih didalam “edit mode”.
·         “U” key – Didalam “object mode” berfungsi untuk menampilkan SingleUser menu, sedangkan didalam “edit mode” berfungsi sebagai “undo”.
·         “M” key – Berfungsi untuk memindahkan obyek ke layer lain. Didalam “edit mode” berfungsi sebagai “Mirror”.
·         “Z” key – Berfungsi untuk merubah view dari wireframe menjadi solid.
·         Alt + “Z” – Berfungsi untuk merubah view tekstur atau tembus pandang.
·         “P” key – Berfungsi untuk memulai mode game.
·         ALT / CTRL + “P” – Berfungsi untuk membuat atau menghapus hubungan Parent/Child.
·         “N” key – Berfungsi untuk menampilkan info sebuah obyek dalam bentuk numeric.
·         Ctrl + “J” – Berfungsi untuk menggabungkan obyek.
·         Alt + “A” – Berfungsi untuk menjalankan animasi.
·         “F” key – Berfungsi untuk membuat sebuah sisi pada “edit mode”.
·         “W” key – Ekspresi Boolean untuk menggabungkan atau mengiris pada 2 obyek atau lebih.
·         “X” atau Delete – Berfungsi untuk menghapus obyek, vertices, atau sisi.
·         Function keys – F1 = Load File, F2 = Save, F3 = Save Image, F4 = Lamp Buttons, F5 = Material Buttons, F6 = Texture Buttons, F7 = Animation Buttons, F8 = Real Time Buttons, F9 = Edit Buttons, F10 = Display Buttons, F11 = Last Render, F12 = Render.
·         “I” key – Berfungsi untuk memasukkan animasi.
·         ALT + “U” – Berfungsi untuk menampilkan “Global Undo Command”.
·         ALT + “C” – Berfungsi untuk mengkonversi menjadi meshes, text dan curves.
·         Shift + Space – Berfungsi untuk menampilkan seluruh layar atau hanya pada viewport yg aktif saja.
·         Ctrl + “0” – Berfungsi untuk memilih sebuah camera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments system

Disqus Shortname